Tradisi Mebanten Bali

September 11, 2017 edit

Tradisi Mebanten Bali



Tradisi Mebanten Bali



fakta-lokal

Halo #sahabatlokal!
.
.
Pasti sudah gak asing lagi ya dengan tradisi budaya warga Hindu Dharma yang tinggal di Bali, identik dengan kegiatan persembahan atau sebutan lainnya ‘Mebanten’.
.
Mebanten adalah persembahan yang dihaturkan oleh para warga Bali setiap harinya, sebagai wujud syukur kepada para Dewa yang telah memberikan kesejahteraan bagi kehidupan mereka. Landasan dari Mebanten ini sendiri adalah perwujudan rasa terimakasih dan rasa hormat kepada alam semesta yang menjadi suatu kesatuan dalam kehidupan setiap manusia. Inti dari Mebanten ini sendiri adalah untuk menjaga niat sebagai bakhti kepada semua mahluk dan memancarkan rasa damai dalam kehidupan bermasyarakat.
#faktalokal
.
Canang sari, segehan, dll adalah bentuk dari YANTRA yaitu simbol-simbol mistik yang berguna sebagai medium ibadah dengan para dewa dan wujud simbol suci dari alam semesta. Simbol simbol ini dalam banten diwujudkan dalam tata letak perpaduan warna , bunga-bunga, biji-bijian dan unsur lainnya.
.
.
Psstt.. kamu jangan dengan sengaja menginjak banten canang sari mereka ya, karena itu berarti kamu tidak menghormatinya!



Artikel Lainnya

Rasa Lokal

Rasa Lokal

Media Website Kuliner Rasa Lokal Keripik Sambal Matah Bali, Rasa Lokal Glenn Alinskie, Chelsea Olivia dan Rio Motret.