Nasi Jinggo Bali

September 24, 2017 edit

Nasi Jinggo Bali



Nasi Jinggo Bali



fakta-lokal

Nasi jenggo (atau lebih dikenal dengan nasi jinggo) adalah makanan siap saji khas Bali yang disajikan dalam kemasan daun pisang. Dulu, nasi ini dijual per porsi seharga Rp 1500,- yang dalam bahasa Hokkien, jeng go memiliki arti "seribu lima ratus". Isinya adalah nasi putih sekepalan tangan dengan lauk pauk dan sambal.
#kulinerlokal
.
Kini, harga satu porsi nasi jenggo adalah sekitar Rp 2000,- sampai Rp 4000,-. Karena porsi nasi jenggo sangat sedikit, pembeli biasanya membeli nasi jinggo sebanyak beberapa bungkus agar dapat kenyang.
.
Selain dijual di jalan, kini nasi jinggo juga menjadi sajian alternatif untuk berbagai upacara religius seperti ngaben, perayaan ulang tahun, dan rapat loh!
.
Sejarah nasi jinggo dimulai semenjak tahun 1980an. Menurut para penjual, nasi jinggo pertama kali dijual di Jalan Gajah Mada, Denpasar. Banyak orang di sana yang begadang dan perlu makanan pengganjal perut di malam hari. Penjual nasi jinggo pertama kali adalah sepasang suami-istri, kreasi mereka sangat disukai sehingga kini banyak penjual nasi jinggo tidak hanya di Denpasar tetapi juga di kota-kota lain (di Bali, bahkan di luar Pulau Bali).
.
Hayoo..siapa nih di antara #sahabatlokal yang pecinta nasi jinggo? 🙋🏻



Artikel Lainnya

Rasa Lokal

Rasa Lokal

Media Website Kuliner Rasa Lokal Keripik Sambal Matah Bali, Rasa Lokal Glenn Alinskie, Chelsea Olivia dan Rio Motret.